--- SELAMAT DATANG DI WEBSITE LEMBAGA STUDI ISLAM MADANI --- PESANTREN MADANI KOTA CIMAHI --- YAYASAN PENDIDIKAN ISLAM MADANI KOTA CIMAHI JAWA BARAT INDONESIA --- TELP. 085624018800 ATAU 082117533596 ---

Jumat, 04 November 2011


PERADABAN ISLAM PADA MASA DINASTI UMAYYAH
DI ANDALUSÍA

Oleh Khambali
(20010011005)


ABSTRAK
Spanyol merupakan bagian dari wilayah kekuasaan daulat bani Umayyah di Damaskus dan setelah itu dikuasai oleh Abdurrahman Ad-Dakhil pada tahun 755 M, bersamaan dengan  hancurny daulat  bani  Umayyah  d Damaskus. Sejak pertama kali menginjakkan kaki di tanah Spanyol hingga jatuhnykerajaan Islam terakhir dsana, Islam di Spanyol memainkan peranan yang sangat besar. Sekitar lebih dari tujuh abad lamanya, Islam telah mencapai kejayaan dan kemajuan, serta prestasi. Bahkan pengaruhnya membawa Eropa dan kemudian dunia, kepada kemajuan yang lebih kompleks. Islam di Spanyol telah menunjukkan kemajuan pada bidang ilmu pengetahuan, musik dan seni, bahasa dan sastra, dan kemajuan pada pembangunan fisik dengan dipimpin oleh Amir dan Khalifah yang baik. Daulat Umayah di Spanyol merupakan salah satu negara terbesar di masa itu, dsamping  daula Abbasiyah  di  Timur Bizantium  dan  kerajaan  Charlemangne (Frank) di Barat[1]. Namun, pada masa pemerintahan selanjutnya, Spanyol mengalamkemunduran karena terjadi disintegrasi yang telah memporak-porandakan kesatuan dan persatuan Andalusia yang membawa kepada kehancuran Islam di Spanyol.

KATA KUNCI: Peradaban Islam, Dinasti, Andalusia

PENDAHULUAN
Andalusia adalah nama bagi semenanjung Iberia pada zaman kejayaan Umayah. Andalusia berasal dari Vandal yang berarti negeri bangsa Vandal; karena semenanjung Iberia pernah dikuasai bangsa Vandal sebelum terusir oleh Bangsa Ghotia Barat (Abad ke-V M). Umat Islam mulai menaklukkan semenanjung Iberia pada zaman khalifah Al-Walid Ibnu Abd Al-Malik (86-96 H / 705-715 M)[2]Setelah masuknya Islam di Spanyol, maka banyaklah kemajuan-kemajuan yang diperoleh dan hal ini dapat dilihat dengan banyaknya tokoh-tokoh dan para ilmuwan yang muncul dari sana. Namun setelah berabad-abad lamanya Islam menguasai Spanyol, mulai mengalami kemunduran dan kehancuran bahkan kemudian Islam hilang dari bumi tersebut. Hal ini disebabkan berbagai faktor.

PERADABAN ISLAM PADA MASA DINASTI UMAYYAH DI ANDALUSIA
A.  Masuknya Islam ke Spanyol
Spanyol diduduki umat Islam pada zaman Khalifah Al-Walid (705-715 M), salah seorang khalifah dari Bani Umayah yang berpusat di Damaskus. Sebelum penaklukan Spanyol, umat Islam telah menguasaAfrika Utara dan menjadikannya sebagai salah satpropinsi dari dinasti Bani Umayah. Penguasaan sepenuhnya atas Afrika Utara itu terjadi di zaman khalifah Abdul Malik (685-705 M).
Khalifah Abd Al-Malik mengangkaHasan ibn Numan Al-Ghassani menjadi  gubernur  di daerah itu. Pada masa Khalifah al-Walid,  Hasan ibn Numan sudah digantikan oleh Musa ibn Nushair. Di zaman al-Walid itu, Musa ibn Nushair memperluas wilayakekuasaannya dengan mendudukAljazair dan Moroko. Selain itu, ia jugmenyempurnakan kekuasaan ke daerah-daerah bekas kekuasaan bangsa barbar di pegunungan-pegunungan, sehingga merekmenyatakan setia dan berjanji tidak akan membuat kekacauan-kekacauan seperti yang pernah mereka lakukan sebelumnya.
Penaklukan atas wilayah Afrika Utara itu dari pertamkali dikalahkan sampai menjadi salah satu propinsi darKhalifah Bani Umayah memakan waktu selama 53 tahun, yaitu mulai tahun 30 H (masa pemerintahan Muawiyah ibn AbSufyan) sampatahun 83 H (masa al Walid)[3]. Sebelum dikalahkan dan kemudian dikuasai Islam, di kawasan ini terdapat kantung-kantung yang menjadi basikekuasaan kerajaan Romawi, yaitu kerajaan Gothik. Kerajaan ini sering menghasut penduduk  agar membuat kerusuhan dan menentang  kekuasaan Islam Setelah kawasan ini betul-betul dapatdikuasai, umat Islam mulai memusatkan perhatiannya untuk menaklukan Spanyol. Dengan demikian, Afrika Utarmenjadi batu loncatan bagi kauMuslimin dalam penaklukan wilayah Spanyol.
Dalam proses penaklukan Spanyol terdapat tiga pahlawan Islam yang dapat dikatakan paling berjasa memimpin satuan pasukan-pasukan ke sana. Mereka adalah Thariibn Malik, Thariq ibn Ziyad, dan Musa ibn  Nushair. Tharif dapat disebut sebagai perintis dan penyelidik. Imenyeberangi selat yang berada di antarMorokko dan benua Eropa itu dengan pasukan peranglimratus orang diantaranya adalah tentara berkuda, mereka memiliki empat buah kapal yang disediakan oleh Julian[4].
Dalam penyerbuan itu Tharif tidak mendapat perlawanan yang berarti. Ia menang dan kembali ke Afrika Utara membawa harta rampasan yang tidak sedikit jumlahnya. Didorong oleh keberhasilan Tharif dan kemelut yang terjadi dalam tubuh kerajaan Visigothic yang berkuasa di Spanyol pada saat itu, serta dorongan yang besar untuk memperoleh hartrampasan perang, Musa ibn Nushair pada tahun 711 mengirim pasukan Spanyol sebanyak 7000 orang di bawah pimpinan Thariq ibn Ziyad[5].
Thariq ibn Ziyad lebih banyak dikenal sebagai penakluk Spanyol karena pasukannya lebih besar dan hasilnya lebih nyata. Pasukannya terdiri dari sebagian besar suku Barbar yang didukung oleh Musa Ibn Nushair dan sebagian lagi orang Arab yang dikirim Khalifah al-Walid. Pasukan itu kemudian menyeberangi Selat di bawah pimpinan Thariq ibn Ziyad[6]. Sebuah gunung tempat pertamkali Thariq dan pasukannya   mendarat   dan   menyiapkan   pasukannya,   dikenal   dengan   namGibraltar (Jabal Thariq). Dengan dikuasainya daerah ini, maka terbukalah pintu secara luas untuk memasuki Spanyol. Dalam pertempuran di suattempat yang bernama Bakkah, Raja Roderick dapat dikalahkan. Dari sitTharidan pasukannyterus menaklukan kota-kota penting, seperti Cordova, Granada, dan Toledo (ibu kota kerajaan Goth saat itu)[7]. Sebelum Thariq menaklukan kota Toledo, ia meminttambahan pasukan kepada Musa ibn Nushair di Afrika Utara. Musa mengirimkan tambahan pasukan sebanyak 5000 personel, sehinggjumlah pasukan Thariq seluruhnya 12.000 orang. Jumlah ini belum sebanding  dengan pasukan Gothiyang jauh lebih besar100.000 orang[8].
Kemenangan pertama yang dicapai oleh Thariq ibn Ziyad membuka jalan untuk penaklukan wilayah yang lebih luas lagiMusa ibn Nushair merasa perlmelibatkan diri dalam gelanggang pertempuran dengan maksud membantu perjuangan Thariq. Dengan suatu pasukan yang besar, ia berangkat menyebrangi selat itu, dan satu persatkotyang dilewatinya dapat ditaklukannya. Setelah Musa berhasimenaklukan Sidonia, Karmona, Seville, dan Merida serta mengalahkan penguasa kerajaan Gothic, Theodomir di Orihuela, ia bergabung dengan Thariq di toledo. Selanjutnya, keduanya berhasimenguasai seluruh kota penting dSpanyoltermasuk bagian utaranya, mulai darSaragosa sampaNavarre[9].
Gelombang perluasan berikutnya muncul pada masa pemerintahan Khalifah Umar ibn Abdil Aziz tahun 99 H / 717 M. Kali ini sasaran ditujukan untuk menguasai daerah sekitar pegunungan Pyrenia dan Perancis Selatan. Pimpinan pasukan dipercayakan kepada Al-Samah, tetapi usahanya itu gagal dan ia sendiri terbunuh pada tahun 102 H. Selanjutnya, pimpinan pasukan diserahkan kepada Abd al Rahman ibn Abdullah al-Ghafiqi. Dengan pasukannya, ia menyerang kotBordesu, Poiter, dan dari sini ia mencoba menyerang kotTours. Akan tetapi, di antarkotPoiter dan Touritia ditahan oleh Charles Martel, sehingga penyerangan kPerancis gagal dan tentara yang dipimpinnya mundur kembali ke Spanyol.
Sesudah  itu,  masi jug terdapat  penyerangan-penyerangan sepert ke Avirignon tahun 734 M, ke Lyon tahun 743 M dan pulau-pulau yang terdapat di Laut Tengah. Majorka, Corsia, Sardinia, Creta, Rhodes, Cyprus dan sebagian darSilica juga jatuh ke tangan Islam di zaman Bani Umayah[10]. Gelombang kedua terbesar dari penyerbuan kaum Muslimin yang geraknya dimulai pada permulaan abad ke-8 m ini, telah menjangkau seluruh Spanyol dan melebar jauh menjangkau PeranciTengah dan bagian-bagian penting dari Italia[11].   
Kemenangan-kemenangan yang dicapai umat Islam nampak begitmudah. Hal itu tidak dapat dipisahkan dari adanya faktor eksternal dan internal yang menguntungkan[12]. Yang dimaksud dengan faktor eksternal adalah suatkondisi yang terdapat ddalam negerSpanyol itu sendiri. Pada masa penaklukan Spanyol oleh orang-orang Islamkondisi sosial, politik, dan ekonomi negerini berada dalam keadaan menyedihkan. Secara politik, wilayah Spanyol terkoyak-koyak dan terbagi- bagkedalam beberapa negerkecil. Bersamaan dengan itu penguasa Gothic bersikap tidak toleran terhadap aliran agama yang dianut oleh penguasa, yaitu aliran Monofisit, apalagterhadap penganut agama lain, YahudiPenganut agamYahudi yang merupakan bagian terbesar dari penduduk Spanyol dipaksa dibaptimenurut agama kristen. Yang tidak bersedia disiksa, dan dibunuh secara brutal[13]Rakyat dibagi-bagkedalam sistem kelas, sehingga keadaannya diliputi oleh kemelaratan, ketertindasan, dan ketiadaan persamaan hak. Didalam situasi sepertitu, kaum tertindas menantkedatangan juru pembebas, dan juru pembebasnymereka  temukan  dar oran Islam[14] Berkenaan  dengan  it Ameer  Ali seperti dikutip oleh Imamuddimengatakan, ketika Afrika (Timur dan Barat) menikmatkenyamanan dalam segmaterial, kebersamaan, keadilan, dan kesejahteraan, tetangganya  di jazirah  Spanyol  berada dalam  keadaan menyedihkan  di  bawah kekuasaan tangan besi penguasa Visighotic. Di sisi lain, kerajaan berada dalam kemelut yang membawa akibat pada penderitaan masyarakat[15]Akibat perlakuan kejikoloni-koloni Yahudi yang penting menjadi tempat-tempat perlawanan dan pemberontakan[16]. Perpecahan dalam negerSpanyol ini banyak membantkeberhasilan campur tangan Islam di tahun 711 M. Perpecahan itu amat banyak coraknya, dan sudah ada jauh sebelum kerajaan Gothic berdiri[17].
Perpecahan politik memperburuk keadaan ekonomi masyarakat. KetikIslam masu k Spanyol ekonom masyarakat  lumpuh.  Padahal sewaktu  Spanyol berada di bawah pemerintahan Romawi, berkat kesuburan tanahnya, pertanian maju pesat. Demikian juga pertambangan, industry dan perdagangan karena didukung oleh sarana transportasi yang baik. Akan tetapi, setelah Spanyol berada di bawah kekuasaan kerajaan Goth, perekonomian lumpuh dan kesejahteraan masyarakat menurun. Hektaran tanah dibiarkan terlantar tanpa digarap, beberapa pabrik ditutup, dan satu daerah dan daerah lain sulit dilalui akibat jalan-jalan tidak mendapat perawatan[18].
Buruknya kondisi sosial, ekonomi, dan keagamaan tersebut terutama disebabkan oleh keadaan politik yang kacau. Kondisi terburuk terjadi pada masa pemerintahan Raja Roderick, Raja Goth terakhir yang dikalahkan Islam[19]Maka dapat dikatakan, bahwa kondisi ini merupakan awal kehancuran kerajaan Goth adalah ketikRajRoderick memindahkan ibkota negaranya dari SevillkToledo, sementarWitiza, yang saat itu menjadi penguasa atas wilayah Toledo, diberhentikan begitu saja. Keadaan ini memancing amarah darOppas dan Achilakakak dan anak Witiza. Keduanya kemudian bangkit menghimpun kekuatan untumenjatuhkan Roderick. Mereka pergke Afrika Utara dan bergabung dengan kaum muslimin. Sementara itterjadi pula konflik antara Roderick dengan Ratu Julian, mantan penguasa wilayah Septah. Julian juga bergabung dengan kaum Muslimin di Afrika Utara dan mendukung usaha umat Islam untuk menguasai Spanyol. Julian bahkan memberikan pinjaman empat buah kapal yang dipakai oleh Tharif, Tariq dan  Musa.  Hal  menguntungkan  tentar Islam  lainny adalah  bahw tentarRoderick yang terdiri dari para budak yang tertindas tidak lagmempunyai semangat perang. Selain itu, orang Yahudi yang selama ini tertekan jugmengadakan persekutuan dan memberikan bantuan bagi perjuangan kauMuslimin[20].
Adapun yang  dimaksud dengan faktor  internal  adalah  suatu  kondisi  yang terdapat dalam tubuh penguasa, tokoh-tokoh pejuang dan para prajurit islam yang terlibat dalam penaklukan wilayah Spanyol pada khususnya. Para pemimpin adalah tokoh-tokoh yang kuattentaranya kompak, bersatu dan penuh percaya diri[21]Mereka pun cakap, berani, dan tabah dalam menghadapi setiap persoalan. Yang tak kalah pentingnya adalah ajaran Islam yang ditunjukkan partentarIslam, yaittoleransi, persaudaraan, dan tolong-menolong. Sikap toleransi agama dan persaudaraan yang terdapat dalam pribadi kaum muslimin itu menyebabkan penduduk Spanyol menyambut kehadiran Islam di sana[22].

B. Perkembangan Islam di Spanyol
Sejak pertama kali menginjakkan kaki di tanah Spanyol hingga jatuhnykerajaan Islam terakhir disana, Islam memainkan peranan yang sangat besar. Masa itu berlangsung lebih dartujuh setengah abadSejarah panjang yang dilalui umat Islam di Spanyol itu dapat dibagi menjadi enam periode, yaitu :

1. Periode Pertama (711-755 M)
Pada periode ini, Spanyol berada di bawah pemerintahan para wali  yang diangkat oleh khalifah Bani Umayah yang berpusat di Damaskus. Pada periode ini stabilitas politi neger Spanyol  belum  tercapai  secar sempurna,  gangguan-gangguan masih terjadi, baik datang dari dalam maupun dari luar. Gangguan dari dalam antara lain berupa perselisihan di antara elite penguasa, terutama akibat perbedaan etnis dan golongan. Di samping itu, terdapat perbedaan pandangan antara khalifah di Damaskus dan gubernur Afrika Utara yang berpusat di Kairawan. Masing-masing mengaku bahwa merekalah yang paling berhak menguasai daerah Spanyol  ini Oleh  karena  itu,  terjadi  dua puluh  kal pergantian  wal(gubernurSpanyol dalam jangkwaktyang amat singkat. Perbedaan pandangan politik itmenyebabkan seringnya terjadi perang saudaraHal in ada hubungannya dengan perbedaan etnis, terutama antara Barbar asal Afrika Utara dan Arab. Di dalam etnis Arab sendiri terdapat dua golongan yang terus menerus bersaing, yaitu sukQaisy (Arab Utara) dan Arab Yamani (Arab Selatan). Perbedaan etnis ini seringkalmenimbulkan konflik politik, terutamketika tidak ada figur yang tangguh. Itulah sebabnya di Spanyol pada saat ittidak ada gubernuyang mampu mempertahankan kekuasaannya untuk jangka waktu yang agak lama[23].
Gangguan dari luar datang dari sisa-sisa musuh Islam di Spanyol yang bertempat tinggal di daerah-daerah pegunungan yang memang tidak pernah tunduk kepada pemerintahan Islam. Gerakan ini terus memperkuat diri. Setelah berjuanlebih dari 500 tahun, akhirnya mereka mampu mengusir Islam dari bumi SpanyolKarena seringnya terjadkonflik internal dan berperang menghadapi musuh luarmaka dalam periode ini Islam Spanyol belum memasukkegiatan pembangunan di bidang peradaban dan kebudayaan. Periode ini berakhir dengan datangnya Abd al-Rahman Al-Dakhike Spanyol pada tahun 138 H / 755 M[24].

2. Periode Kedua (755-912 M)
Pada periode ini, Spanyol berada di bawah pemerintahan seorang yang bergelar ami[panglimatau  gubernur tetapi  tida tundu kepada  pusat pemerintahan Islam, yang ketikitu dipegang oleh khalifah Abbasiyah di BagdadAmir pertama adalah Abdurrahman I yang memasuki Spanyol tahun 138 H / 755 M dan dibergelar Al-Dakhi(Yang Masuk ke Spanyol). Dia adalah keturunan Bani Umayah yang berhasilolos dari kejaran Bani Abbas ketika yang terakhir ini berhasimenaklukan Bani Umayah di Damaskus. Selanjutnya, ia berhasil mendirikan dinastBani Umayah di Spanyol. Penguasa-penguasa Spanyol pada periode ini adalaAbd  al-Rahman  al  Dakhil Hisyam  I Hakam  I Abd  al  Rahman  al-Ausath, Muhammad   ibn   Abd   al-rahman,   Munzir   ibn   Muhammad   dan   Abdullah   ibn Muhammad.
Pada periode ini, umat Islam Spanyomulai memperoleh kemajuan-kemajuan, baik dalam bidang politik maupun dalam bidang peradaban. Abd al-Rahman al-Dakhil mendirikan masjid Cordova dan sekolah-sekolah di kota-kota besar Spanyol.
            Setelah            Abdurrahman  al-Dkhil (Abdurrahman I) meninggal, maka pemerintahan dipegang oleh anaknya Hisyam. Ia dikenal berjasa dalam menegakkan hukum Islam.  Ijuga mendorong para Teolog untuk pergi ke Medinah guna mempelajari ajaran-ajaran maliki. Dia mendirikan sekolah-sekolah untuk pengajaran bahasa Arab. Kota Cordova memiliki Perpustakaan yang besar yang memuat 600.000  jilid buku. Hisyam selalu mengupayakan penambahan dan penyempurnaan perpustakaan berikut buku-bukunya, baik dari dalam maupun luar negeri. Ia sering menulis surat kepada setiap penulis kenamaan guna memeperoleh naskah karya ilmiah dan membayarnya sangamahal. Pujangga arab, Abu Farj al- Aashfihani yang yang tinggal di Bagdad pernah didatangi utusan Amir Andalusia guna memperoleh naskah karangan lagu dan himpunan sajak al-Aghani dan diberinya hadiah 1000 dirham[25].
Setelah Hisyam wafat, kemudian is digantikan oleh Hakam yang dikenal sebagai pembaharu dalam bidang kemiliteranDialah yang memprakarsai tentara bayaran di Spanyol. Ia juga membentuk kekuatan militer di Spanyol. la mendatangkan lebih dari 40.000 personil dari afrika untuk dilatih dengan mendapat gaji baik, agar mereka  benar-benar setia menghormati dan mau ikut menjaga kekuasaan Amir[26]. Pasukan militer dibedakan menjadi empat kelompok. Yaitu:
1.   Tentara tetap (Profesional) yang berpangkalan di Cordova.
2.   Tentara Reguler (Jund) yang dipimpin oleh penguasa wilayamiliter.
3.   Tentara Irreguler (Belladi), yaitu orang-orang Arab yang datang bersama Musa
Ibnu Nushair.
4.   Tentara  luar  biasa  atau  sukarelawan  (Hasyid),  yaitu  orang-orang  yang  tidak diminta dan dengan sukarela bergabung bersama kekuatan militer.[27]
Disamping  pasukan  darat,  dibentuk  pula  kekuatan  laut  setelah  adanya serangan mendadak Normandia di pantai barat Spanyol pada tahun 844-845 M. Kemudian dibangun menara-menara pengintai musuh yang melakukan kegiatan di samudra Atlantik di sepanjang pantai.
Sedangkan Abd al-Rahman al-Ausath (II) dikenal sebagai penguasa yang cinta ilmu[28]. Pemikiran filsafat jugmulai masuk pada periode initerutama di zaman Abdurrahman al Aushat. Imengundang para ahli dari duniIslam lainnya untuk datang ke Spanyol sehingga kegiatan ilmu pengetahuan di Spanyol mulai semarak.
            Masa pemerintahan abdurrahman II juga merupakan zaman kegemilangan Islam, karena pertumbuhan ekonomi yang baik terutama di bidang pertanian. Tanah-tanah gersang diubah menjadi lahan yang produktif. Guna meningkatkan produktivitas pertanian, Para ahli muslim melakukan studi tentang tanah, menggunakan alat-alat baru untuk meratakan gunduka-gundukan dan    tanah berpasir. Juga menggunakan pupuk untuk mempersubur tanah serta meningkatkan sistem irigasi. Perkembangan kemajuan di bidang          perdagangan sangat memberikan keuntungan, termasuk bea dan cukai, ekspor-impor yang dapat menempatkan kerajaan Islam Spanyol pada tingkat tertinggi penghasilannya. Perkembangan di bidang ekonomi ini ditopang juga oleh perencanaan pembelanjaan kerajaan yang terorganisir dengan baik sesuai rencana[29]Sekalipun demikian, berbagai ancaman dan kerusuhan terjadiPada pertengahan abad ke-9 stabilitas negarterganggdengan munculnygerakan Kristen fanatik yang mencarkesyahidan  (Martyrdom)[30]. Gereja Kristen lainnya di seluruh Spanyol tidak menaruh simpati pada gerakan itukarena pemerintah Islamengembangkan kebebasan beagama. Penduduk Kristen diperbolehkamemiliki pengadilan sendiri berdasarkan hukum KristenPeribadatan tidak dihalangiLebih daritu, mereka diizinkan mendirikan gereja baru, biara-biara di samping asramrahib atau lainnya. Mereka jugtidak dihalangi bekerja sebagai pegawai pemerintahan atau menjadi karyawan pada instansi militer[31].
Gangguan politik yang paling serius pada periode ini datang dari umat Islam sendiri. Golongan pemberontak di Toledo pada tahun 852 membentuk negarkotyang berlangsung selama 80 tahun. Di samping itu sejumlah orang yang tak puas membangkitkan revolusi. Yang terpenting diantaranya adalah pemberontakan yang dipimpin oleh Hafshun dan anaknya yang berpusadi pegunungan dekaMalaga. Sementara itu, perselisihan antara orang-orang Barbar dan orang-orang Arab masih sering terjadi[32].

3. Periode Ketiga (912-1013 M)
Periode ini berlangsung mulai dari pemerintahan  Abd  al-Rahman III yang bergelar An-Nasir sampai munculnya raja-raja kelompok  yang dikenal dengan sebutan Muluk al-Thawaif. Abdurahman III membangun beberapa buah istana dan memajukan pertanian rakyat. Rakyat taat kepadanya dan semua orang merasa hidup damai bersamanya. la mewajibkan penguasa-penguasa Kristen membayar upeti ke Cordova. Pada tahun 929, ia memproklamirkan dirinya sebagai khalifah. Pada masa kekuasaanya, Cordova merupakan pusat kebudayaan Islam yang penting di Barat sebagai tandingan Bagdad di Timur. Kalau di Bagdad ada bait al-Hikmah serta madrasah Nizamiah, dan Kairo ada al-Azhar serta Dar al-Hikmah, maka di Cordova ada universitas Cordova sebagai pusat ilmu pengetahuan. Perpustakaanya mengandung ratusan ribu buku[33].
 Pada periode ini Spanyol diperintah oleh penguasa dengan gelar khalifah, penggunaan gelar khalifah tersebut bermula dari berityang sampai kepada Abdurrahman III, bahwa Al-Muktadir, Khalifah daulat bani Abbas dBaghdad meninggal dunia dibunuh oleh pengawalnya sendiri. Menurut penilaiannya, keadaan inmenunjukkan bahwa suasana pemerintahan Abbasiyah sedang berada dalam kemelut. Ia berpendapat bahwa saat ini merupakan saat yang paling tepat untuk memakai gelar khalifah yang telah hilang dari kekuasaan Bani Umayyah selama 150 tahun lebih. Karena itulah, gelar ini dipakai mulai tahun 929 M. Khalifah-khalifah besar yang memerintah pada periode ini ada tiga orang, yaitu Abd al-Rahman al-Nasir (912-961 M), Hakam I (961-976 M) dan Hisyam I (976-1009 M).
Pada  periode  ini  umat  Islam  Spanyol  mencapai  puncak  kemajuan  dan kejayaan  daulat  Abbasiyah di Baghdad. Abd al-Rahman al Nashir mendirikan universitas Cordova. Perpustakaannya memiliki koleksi ratusan ribu buku. Hakam Ijuga seorang kolektor buku dan pendiri perpustakaan. Pada masa ini, masyarakat dapat menikmati kesejahteraan dan kemakmuran.
Awal  dari  kehancuran  khalifah  Bani  Umayyah  di  Spanyol  adalah  ketikHisyam naik tahta dalam usia sebelas tahun. Oleh karena itkekuasaan aktual berada ditangan para pejabat. Pada tahun 981 M, Khalifah menunjukkan ibn Abi’ Amir sebagai pemegang kekuasaan secara mutlak. Dia seorang ambisius yang berhasimenancapkan kekuasaannya dan  melebarkan wilayah kekuasaan Isladengan menyingkirkan rekan-rekan dan saingan-saingannya. Atas keberhasilan-keberhasilannya, ia mendapat gelar al-Manshur Billah. Ia wafat pada tahun 1002 M dan digantikan oleh anaknya al-Muzaffar yang masih dapat mempertahankan keunggulan kerajaan. Akan tetapi, setelah wafat pada tahun1008 M, ia digantikan oleh adiknya yang tidak memilikkualitas bagi jabatan itu. Dalam beberapa  tahun  saja,  negar yang  tadiny makmu dilanda  kekacauan  dan akhirnya hancur total. Pada tahun 1009 khalifah mengundurkan diri. Beberapa oran yang  dicoba  untu menduduk jabata it tidak  ada  yang  sanggup memperbaikkeadaanAkhirnya pada tahun 1013 M, Dewan menteryang memerintah Cordova menghapuskan jabatan khalifah. Ketika itu, Spanyol sudah terpecah dalam banyak sekali negara keciyang berpusat di kota-kota tertentu[34].

4. Periode Keempa (1013-1086 M)
Pada periode ini, Spanyol terpecah menjadi lebih dari tiga puluh negara kecil di   bawah   pemerintahan   raja-raja   golongan   atau   Al-Mulukuth-Thawaif,   yang berpusat di suatu kota seperti Seville, Cordova, Toledo, dan sebagainya. Yang terbesar di antaranya adalah Abbadiyah dSeville. Pada periode ini umat Islam Spanyol kembali memasukmasa pertikaian intern. Ironisnya, kalau terjadi perang saudara, ada di antara pihak-pihak yang bertikai itu yang meminta bantuan kepada raja-rajkristen. Melihat kelemahan dan kekacauan yang menimpa keadaan politiIslam itu, untuk pertamkalinya orang-orang kristen pada periode ini mulai mengambil inisiatipenyerangan. Mekipun kehidupan politik tidak stabil, namun kehidupan intelektual terus berkembang pada periode ini. Istana-istana mendorong para sarjana dan sasterawan untuk mendapatkan perlindungan dari satistana kistana yang lain[35].

5. Periode Kelima (1086-1248 M)
Pada periode ini Spanyol Islam meskipun masih terpecah dalam beberapa negara, tetapi terdapat satu kekuatan yang didominasi, yaitu kekuasaan dinastMurabithun (1086-1143 M) dan dinasti Muwahhidun (1146-1235 M). DinastMurabithun pada mulanya adalah sebuah gerakan agama yang didirikan oleh Yusuf ibn Tasyfin di Afrika Utara. Pada tahun 1062 m ia berhasil mendirikan sebuah kerajaan yang berpusat di Marakesy. Ia masuk ke Spanyol atas undangan penguasa-penguasa Islam di sana yang tengah memikul beban berat perjuangan mempertahankan negeri-negerinya dari serangan-serangan orang-orang kristen. Ia dan tentaranya memasuki Spanyol pada tahun 1086 M dan berhasil mengalahkan pasukan Castilia.   Karena   perpecahan   di   kalangan   raja-raja   muslimYusumelangkah lebih jauh untuk menguasai Spanyol dan ia berhasil untuk itu. Akan tetapi, penguasa-penguasa sesudah ibn Tasyfin adalah raja-raja yang lemah. Pada tahun  1143  M,  kekuasaan  dinasti  ini  berakhir,  bai di  Afrik Utara maupun  di Spanyol dan digantikan oleh dinasti Muwahhidun.  Pada masa dinasti Murabithun, Saragossa  jatuh ke  tangan  Kristen tepatnya  pada  tahun  1118  M D Spanyol sendiri, sepeninggal dinastini, pada mulanya muncul kembali dinasti-dinastkeciltetapi  hany berlangsung  tig tahun.                                                                                                                                       
Pada  tahun  1146   penguasa  dinastMuwahhidun  yang  berpusat  di  Afrik Utara  merebu daerah  ini Muwahhidun didirikan oleh Muhammad ibn Tumart (w 1128 M). Dinasti ini datang ke Spanyol di bawah pimpinan Abd al-Munim, antara tahun 1114 dan 1154 M dan kota-kotmuslim penting sepertCordova, Almeria dan Granada jatuh di bawah kekuasaannya. Untujangkwakt beberap dekade,  dinast ini  mengalami banyak kemajuan, akan tetapi pada tahun 1212 M, tentara Kristen memperoleh kemenangan besar di Las Navas de Tolesa. Kekalahan-kekalahan yang dialami dinastMuwahhidun menyebabkan penguasanya memilih untuk meninggalkan Spanyol dan kembalke Afrika Utara pada tahun 1235 M.  Kondisi Spanyol kembali semakin tidak menentu dan tidak terkendali, karana berada di bawah penguasa- penguasa kecil. Dalam kondisi demikian, umat Islam tidak mampu bertahan dari serangan-serangan Kristen yang semakin besar. Pada tahun 1238 Cordova jatuh ke tangan penguasa Kristen dan Seville jatuh pada tahun 1248.  Dengan demikian seluruh Spanyol lepas dari kekuasaan Islam, kecuali Granada[36].

6. Periode Keenam (1248-1492 M)
Pada periode ini, Islam hanya berkuasa di daerah Granada, di bawah dinastBani Ahmar (1232-1492) Peradaban Islam kembali mengalamkemajuan seperti di zaman Abdurrahman An-Nasir. Aka tetapi secar politi dinast ini  hanya berkuasa di wilayah yang kecil. Kekuasaan Islam  yang  merupakan pertahanan terakhir di Spanyol ini juga berakhirkarena perselisihan kalangan istana dalam perebutan kekuasaan. Abu Abdullah Muhammad, merasa tidak  senang kepada ayahnya karena menunjuk anaknya yang lain sebagai penggantinya menjadi raja dan akhirnya Abu Abdullah Muhammad memberontak dan berusaha merampas kekuasaan. Dalam pemberontakan itu, ayahnyterbunuh dan digantikan oleh Muhammad ibn Saad. Kemudian Abu Abdullah Muhammad meminta bantuan kepada Ferdenand dan Isabella untuk menjatuhkan saudaranya dan dua penguasa Kristen tersebut dapamengalahkan penguasa yang sah dan Abu Abdullah Muhammad naik tahta[37] dinobatkan sebagai khalifah.
Kerja sama Abu Abdullah Muhammad dengan dua penguasKristen tersebut, sebagai awal berakhirnya kekuasaan terakhir umat Islam di Cordova. Artinya, Ferdenand dan Isabella yang mempersatukan dua kerajaan besar Kristen melalui perkawinan itu tidak cukup merasa puas dengan hanya membantu Abu Abdullah Muhammad, tetapi keduanya ingin merebut kekuasaan terakhir umaIslam di SpanyolMaka keduanya melakukan serangan besar-besaran dan Abu Abdullah Muhammad tidak mampmenahan serangan-serangan orang Kristen tersebut dan pada akhirnya Abu Abdullah Muhammad mengaku kalah. Abu Abdullah Muhammad menyerahkan kekuasaannya kepada Ferdenand dan Isabella dan kemudian hijrah kAfrika Utara. Dengan demikian, berakhirlah kekuasaan Islam di Spanyol pada tahun 1492M. Umat Islam  setelah itu dihadapkan kepada  dua  pilihan,  masuKristen atau pergmeninggalkan Spanyol. Maka pada tahun 1609 M, dapat dikatakan tiadak ada lagi umaIslam di daerah ini[38].

C. Kemajuan Peradaban
Islam di Spanyol lebih dari tujuh abad dan umat Islam telah mencapai kejayaannya di Spanyol Banyak kemajuan dan prestasi yang diperoleh umat Islam di Spanyol, bahkan pengaruhnya membawa Eropa dan kemudian dunia, kepada kemajuan yang lebih kompleks. Islam di Spanyol telah menunjukkan kemajuapada bidang ilmu pengetahuan, musik dan seni, bahasa dan sastra, dan kemajuan pada pembangunan fisik.

1. Kemajuan Intelektual
Masyarakat Spanyol Islam merupakan masyarakat majemuk yang terdiri darkomunitas-komunitas   Arab   (Utara   dan   Selatan),   al-Muwalladun   (orang-oranSpanyol yang masuk Islam), Barbar (umat Islam yang berasal dari AfrikUtara), alShaqalibah (penduduk daerah antara Konstanstinopel dan Bulgaria yang menjadi tawanan  Jerman  dan  dijual  kepada  penguas Islam  untu dijadika tentara bayaran), Yahudi, Kristen Muzareb yang berbudaya Arab, dan Kristen yang masimenentang   kehadiran   IslamSemua   komunitas   itu,   kecuali   yang   terakhirmemberikan saham intelektual terhadap terbentuknya lingkungan budaya Andalus yang melahirkan kebangkitan ilmu pengetahuan, sastra dan pembangunan fisik di Spanyol[39] Untuk itu, perlu mengkajkemajuan yang dicapai umat Islam Spanyol, sebagai berikut :

a.  Bidang Filsafat
Islam di Spanyol telah mencatat satu lembaran budaya yang sangat berilian dalam   bentangan  sejarah  IslamUma Islam   berperan   sebagai  jembatan penyeberangan yang dilalui ilmu pengetahuan Yunani-Arab ke Eropa pada abad ke-12. Minat terhadap filsafat dan ilmu pengetahuan mulai dikembangkan pada abad ke-9 M selama pemerintahan dinasti Bani Umayyah yang ke-5 Muhammad ibn Abd al-Rahman (832-886 M)[40].
Atas inisiatif al-Hikam (961-976 M), karya-karya ilmiah dan filosofis diimpor darTumur dalam jumlah besar, sehingga Cordova dengan perpustakaan dan universitas-universitasnya mampu menyaingBaghdad sebagai pusat utama ilmu pengetahuan di duniIslam Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa apa yang dilakukan oleh para pemimpin bani Umayyah di Spanyol ini merupakan persiapan untuk melahirkan filosof-filosof besar pada masa-masa sesudahnya.
Pada perkembangan selanjutnya, lahirlah tokoh utama pertama dalam sejarah filsafat Arab-Spanyol adalah Abu Bakr Muhammad ibn al-Sayigh yang lebih dikenal dengan ibn Bajjah. Abu Bakr Muhammad ibn al-Sayig, dilahirkan di Saragosa, kemudian ia pindah ke Sevilla dan Granada dan meninggal karena keracunan di Fez pada tahun 1138 M dalam usia yang masih muda. Seperti al-Farabi dan ibn Sina di Timur, masalah yang dikemukakannybersifat etis dan eskatologis dengan magnum opusnya adalah Tadbir al-Mutawahhid. Tokoh utama kedua adalah AbBakr ibn Thufail, penduduk aslWadi Asy, sebuah dusun kecil di sebelah timur Granada  dan  wafat  pada  usi lanjut  pada  tahun  1185  M ibn  Thufail banyak menulis masalah kedokteran, astronomi dan filsafat, sertkaryfilsafatnya yang sangaterkenal adalah Hay ibn Yaqzhan.
Pada bagian akhir abad ke-12 M, menjadi saksi munculnya seorang pengikut Aristoteles yang terbesar di gelanggang filsafat dalam Islam, yaitu Ibn Rusyd darCordova Ibn Rusyd, lahir pada tahun 1126 dan meninggal pada tahun 1198 MCiri khasnya adalah kecermatan dalam menggeluti masalah-masalah menahun tentang keserasian filsafat dan agama. Ibn Rusyd, juga ahlfiqh dengan karyanyBidayah al-Mujtahid.

b. Bidang Sains
Ilmu-ilmkedokteran, musik, matematika, astronomi, kimia dan lain-lain juga berkembang dengan baik. Abbas ibn Farnas, termasyhur dalam ilmu kimia dan astronomi. Abbas ibn Farnas, adalah orang pertama yang menemukan pembuatan kaca dari batu[41]. Ibrahim ibn Yahya al-Naqqash, terkenal dalam ilmu astronomi. Ia dapat menentukan waktu terjadinya gerhana matahari  dan menentukan  berapa lamanya al-Naqqash jug berhasi membuat  teropon moder yang  dapat menentukan jarak antara tata surya dan bintang-bintang. Ahmad ibn Ibas darCordova adalah ahli dalam bidang obat-obatan. Umm al-Hisan bint Abi Jafar dan saudara perempuannya al-Hafidz adalah dua orang ahli kedokteran darkalangan wanita.
Dalam bidang sejarah dan geografi, wilayah Islam bagian barat melahirkan banyak pemikir terkenal. Ibn Jubair dari Valencia (1145-1228 M) menulis tentang negeri-negeri muslim Mediterania dan Sicilia dan Ibn Batuthah dari Tangier (1304-1377  M)  mencapai  Samuder Pasai  dan  Cina.  Ibn  al-Khatib  (1317-1374  M)  menyusun riwayat Granada, sedangkan Ibn Khaldun dari Tunis adalah perumus filsafat sejarah. Semua sejarawan di atas bertempat tinggal di Spanyol, yang kemudia pindah ke Afrika[42]. Itulah sebagai nama-nama besar dalam bidang sains yang terkenal pada masanya di Islam Spanyol.

c.   Bidang Fikih
Dalam bidang fikih, Spanyol Islam dikenal sebagai penganut mazhab MalikiOrang yang membawa dan memperkenalkan mazhab ini di Spanyol adalah Ziyad ibn Abd al-Rahman. Kemudian perkembangan selanjutnya ditentukan oleh Ibn Yahya yang menjadi qadhi pada masa Hisyam ibn Abd al-Rahman. Ahli-ahlfikilainnya di antaranya adalah Abu Bakar ibn al-Quthiyah, Munzir ibn Sa’id al-Baluthi dan Ibn Hazm yang terkenal.

d.  Bidang Musik dan Kesenian
Dalam bidang musik dan seni suara, Spanyol Islam mencapai kecemerlangan dengan tokohnyal-Hasan ibn Nafyang dijulukZaryabSetiap kali diselenggarakan pertemuan dan jamuan, Zaryab selalu tampil mempertunjukkan kebolehannya. Ijuga terkenal sebagai penggubah lagu. Ilmu yang dimilikinya itturunkan kepada anak-anaknya baik primaupun wanita, dan jugkepada budak- budak, sehingga kemasyhurannya tersebar luas[43].

e.  Bidang Bahasa dan Sastra
Bahasa Arab telah menjadi bahasa administrasi dalam pemerintahan Islam di Spanyol. Hal itu dapat diterima oleh orang-orang Islam dan non-Islam. Bahkan, penduduk asli Spanyol menomorduakan bahasa asli mereka. Mereka juga banyak ahli dan mahir dalam bahasa Arab, baik keterampilan berbicarmaupun tata bahasa.  Mereka-mereka itu antarlain: Ibn Sayyidih, Ibn Malik pengarang AlfiyahIbn Khuruf, Ibn al-Hajj, Abu Ali al-Isybili, Abu al-Hasan ibn Usfur, dan Abu Hayyan al-GharnathiSeiring dengan kemajuan bahasa itu, karya-karya sastra banyak bermunculan, sepertAl-Iqd al-FarikaryIbn Abd Rabbih, al-Dzakhirah fMahasin Ahl al-Jazirah oleh Ibn Bassam, Kitab al-Qalaikarya al-Fath ibn Khaqan, dan banyak lagi karya-karya yang lain[44].

2.  Kemegahan Pembangunan Fisik
Aspek-aspek pembangunan fisik yang mendapat perhatian umat Islam sengat banyak. Dalam perdagangan, jalan-jalan dan pasar-pasar dibangun. Bidang pertanian demikian juga.  Sistem  Irigasi baru diperkenalkan kepada masyarakat Spanyol yang tidamengenal   sebelumnya.   Dam-dam,   kanal-kanal,   saluran sekundertersier, dan jembatan-jembatan air didirikanTampat-tempat yang tinggi, dengan begitu, juga mendapat jatah air.
Orang-orang Arab memperkenalkan pengaturan hidrolik untuk tujuan irigasiKalau  dam  digunakan untu mengece curah air waduk  (kolam dibuat  untukonservasi [penyimpanan       air]. Pengaturan hydrolik itu dibangun dengan memperkenalkan roda air (water wheel) asal Persia yang dinamakan naurah (Spanyol: Noria). Disamping itu, orang-orang Islam juga memperkenalkan pertanian padi, perkebunan jeruk, kebun-kebun dan tanaman-tanaman[45].
Industri, dsamping pertanian dan perdagangan, jugmerupakan tulang punggung ekonomi Spanyol Islam. Di antaranya adalah tekstil, kayu, kulit, logam, dan industry barang-barantembikar[46]Namun demikian, pembangunan-pembangunan fisiyang palinmenonjol adalah gedung-gedung, seperti pembangunan kota, istana, mesjid, pemukiman, dan taman-taman. Di antara pembangunan yang megah adalah mesjiCordova, kota al-Zahra, Istana Jafariyah di  Saragosa tembo Toledo,  Istana  al-Makmun,  mesji Seville,  dan  istana  alHamra di Granada.

a. Cordova
Cordova adalah ibu kotSpanyol sebelum Islam, yang kemudian diambil alih oleh Bani Umayyah. Oleh penguasa muslim, kota ini dibangun dan diperindahJembatan besar dibangun untuk menghiasi ibukota spanyol Islam itu. Pohon-pohon dan bunga-bunga diimpor darTimur. Di seputar ibukota berdiri istana-istana yang megah yang semakimempercantik pemandangan, setiap istana dan taman diberi nama tersendiri dan di puncaknya terpancang istana Damsik.
Diantarkebanggaan kota Cordova lainnya adalah mesjid Cordova. Menurut ibn al-Dala’i, terdapat 491 mesjid di sana. Di samping itu, ciri khusus kota-kotIslam  adalah adanya tempat-tempat pemandian. Di Cordova saja terdapat 900 pemandian.  Di  sekitarny berdiri  perkampungan–perkampungan  yang  indah. Karena air sungai tak dapat diminum, penguasa muslim mendirikan saluran air dari pegunungan yang panjangnya 80 km.

b. Granada
Granada adalah tempat pertahanan terakhir ummat Islam di Spanyol. Dsana berkumpul sisa-sisa kekuatan Arab dan pemikir Islam. Posisi Cordova diambil alih oleh Granada di masa-masa akhir kekuasaan Islam di Spanyol. Arsitektur-arsitektur bangunannya terkenal di seluruh Eropa. Istana al-Hamra yang indah dan megah adalah pusat dan puncak ketinggian arsitektur Spanyol Islam. Istana itu dikelilingtaman-taman yang tidak kalah indahnya. Kisah tentang kemajuan pembangunan fisik ini masih bisa diperpanjang dengan kota dan istana al-Zahra, istana al-Gazarmenara Girilda dan lain-lain[47].

3.  Faktor-faktor Pendukung Kemajuan
Spanyol Islamkemajuannya sangat ditentukan oleh adanya penguasa- penguasa  yang  kua dan  berwibawa,  yang  mampu  mempersatukan  kekuatan-kekuatan umat Islam, seperti Abd al-Rahman al-Dakhil, Abd al-Rahman al-Wasith dan Abd al-Rahman al-Nashir. Keberhasilan politik pemimpin-pemimpitersebut ditunjang oleh kebijaksanaan penguasa-penguasa lainnya yang mempeloporkegiatan-kegiatailmiah yang terpenting diantara penguasa dinasti Umayyah di Spanyol dalam hal ini adalah Muhammad Ibn Abd al-Rahman (852-886) dan al-Hakam II al-Muntashir (961-976).
Toleransi  beragam ditegakkan  oleh  par penguasa  terhadap  penganut agama Kristen dan Yahudi, sehingga merekikut berpartisispasi mewujudkan peradaban Arab Islam dSpanyol. Untuk orang Kristen, sebagaimana juga orang- orang Yahudi, disediakan hakikhusus yang menanganmasalah sesuai dengan ajaran agama mereka masing-masing[48].
Masyarakat Spanyol Islam merupakan masyarakat majemuk, terdiri dari berbagai komunitas, baik agama maupun bangsa. Dengan ditegakkannya toleransi beragama, komunitas-komunitas itu dapat bekerjasama dan menyumbangkan kelebihannya masing-masing. Meskipun ada persaingan yang sengit antara Abbasiyah dBaghdad dan Umayyah di Spanyol, hubungan budaya dari Timur dan Barat tidak selalu berupa peperangan. Sejak abad ke-11 M dan seterusnya, banyak sarjana mengadakan perjalanan dari ujung barat wilayah Islam ke ujung timur, sambil membawa buku-buku dan gagasan-gagasan. Hal ini menunjukkan bahwmeskipun umat Islam terpecah dalam beberapa kesatuan politik, terdapat apa yang disebut kesatuan budaya dunia Islam[49].
Perpecahan politik pada masa Muluk al-Thawa’if dan sesudahnytidak menyebabkan mundurnya peradaban. Masa itu, bahkan merupakan puncak kemajuan ilmu pengetahuan, kesenian, dan kebudayaan Spanyol Islam. Setiap dinasti (raja) di Malaga, Toledo, Sevilla, Granada, dan lain-lain berusaha menyaingCordova. Kalau sebelumnya Cordova merupakan satu-satunya pusat ilmu dan peradaban Islam di Spanyol, Muluk al Thawaif berhasimendirikan pusat-pusat peradaban baru yang diantaranya justru lebih maju[50].

D. Penyebab Kemunduran dan Kehancuran
Islam di Spanyol, menjadi pemerintahan yang berdiri sendiri di masa khalifah Abdurrahman III dan merupakan salah satu negara terbesar di masa itu, disamping daulat Abbasiyah di Timur, Bizantium dan kerajaan Charlemangne (Frank) di BaratTetapi  pada  masa  pemerintahan  berikutny Spanyol  mengalami  kemunduran karena terjadi disintegrasi yang telah memporak-porandakan kesatuan dan persatuan Andalusia yang membawa kepada kehancuran Islam di Spanyol. Adapun faktor yang menyebabkan kemunduran Islam di Spanyol antara lain :

1.  Konflik Islam dengan Kristen
Para penguasa muslim tidak melakukan islamisasi secara sempurna. Mereka sudah merasa puas dengan hanya menagih upeti dari kerajaan-kerajaan Kristen taklukannya dan membiarkan merekmempertahankan hukum dan adat mereka, termasuk posisi hirarktradisional, asal tidak ada perlawanan bersenjata.[51] Namun demikian, kehadiran Arab Islam telah memperkuat raskebangsaan orang-oranSpanyol Kristen. Hal itu menyebabkan kehidupan negara Islam di Spanyol tidak pernah berhenti dari pertentangan antarIslam dan Kristen. Pada abad ke-11 M umat Kristen memperoleh kemajuan pesat, sementara umat Islam sedanmengalami kemunduran.

2. Tidak Adanya IdeologPemersatu
Kalau di tempat-tempat lain para muallaf diperlakukan sebagai orang Islam yang sederajat, di Spanyol, sebagaimana politik yang dijalankan Bani Umayyah di Damaskus, orang-orang Arab tidak pernah menerima orang-orang pribumi. Setidak- tidakny sampai  abad  ke-10  M mereka  masi member istilah  ‘ibad  dan muwalladun kepada para muallaf itu, suatu ungkapan yang dinilai merendahkan. Akibatnya, kelompok-kelompok etnis non Arab yang ada sering menggerogoti dan merusak perdamaian. Hal itu mendatangkan dampak besar terhadap sejarah sosio-ekonomi negertersebut. Hal inmenunjukkan tidak adanya ideologi yang dapat memberi makna persatuan, dsamping kurangnyfigur yang dapat menjadi personifikasi ideologi itu.

3. Kesulitan Ekonomi
            Di paruh kedua masa Islam di Spanyol, para penguasa membangun kota dan mengembangkan ilmu pengetahuan dengan sangaserius, sehingglalai membina perekonomian[52]Akibatnytimbul kesulitan ekonomyang amamemberatkan dan mempengaruhi kondisi politik dan militer.

4. Tidak Jelasnya Sistem Peralihan Kekuasaan
Hal  ini  menyebabkan  perebutan kekuasaan  di  antar ahli  waris.  Bahkankarena  inilah  kekuasaa Bani  Umayyah  runtuh  dan  Muluk  al-Thawai munculGranada yang merupakan pusat kekuasaan Islam  terakhir di Spanyol  jatuh ktangan Ferdinand dan Isabella, diantaranya juga disebabkan permasalahan ini.

5.  Keterpencilan
Spanyol Islam bagaikan terpencil dari dunia Islam  yang  lain. Pemerintahan Spanyol jauh dari daerah Islam lain mengakibatkan jauhnya dukungan dari daerah lain kecuali dari Afrika Utara yang dibatasi oleh laut, sementara daerah sekitarnya adalah daerah yang dikuasai kaum Nasrani yang salalu iri dan merasa direndahkan oleh etnis Arab. MakIslam Spanyol, selalu berjuang sendirian, tanpa mendapat bantuan kecuali dari Afrika Utara. Dengan demikian, tidak ada kekuatan alternatiyang mampu membendung kebangkitan Kristen di sana[53].


KESIMPULAN
Dari sejumlah uraian di atas, dapatlah ditarik kesimpulan bahwa masuknya Islam di Spanyol berbeda dengan masuknya Islam di daerah lain. Datangnya Islam ke Spanyol atas permintaan dari penduduk setempat dan kedatangan Islam di Spanyol ternyata memberikan kontribusi yang tak ternilai, baik kepada dunia Islam, terlebih- lebih kepada dunia Barat, dalam hal ilmu pengetahuan dan peradaban. Kontribusi tersebut bisa terlaksana karena sikap ilmiah-konstruktif yang secara umum menyertai para ilmuan dalam melakukan kajian-kajian ilmiahnya. Sikap toleransi yang proporsional dalam komposisi masyarakat yang tingkat heterogenitasnya yang cukup tinggi, ternyata telah menghasilkan efek sinergi positif yang luar biasa dalam membangun sebuah nilai peradapan yang pluralistik.
Kemajuan yang dibawa dan diperkenalkan Islam dengan dunia barat ditandai dengan munculnya tokoh-tokoh ilmuwan dan filosouf dari negeri tersebut. Spanyol pulalah yang menjadi gerbang utama masuknya Islam ke dunia Barat dan kemudian membangkitkan Barat dari dunia kegelapan dan memperkenalkan pada kemajuan.
Kekuasaan Islam di Spanyol yang telah mencapai puncak kejayaannya kemudian mulai melemah kemudian mundur dan hancur secara perlahan akibat berbagai faktor.  Diantaranya  faktor  utama  penyebab  kehancuran  tersebut  adalah akibat terjadinya disintegrasi yang menyebabkamunculnya kerajaan-kerajaan kecil yang berusaha memerdekakan diri. Kekuasaan Islam kemudian digantikan oleh kekuasaan Kristen dan berusaha menghapus habis seluruh pengaruh Islam dan menghilangkan Islam dari bumi Spanyol.

DAFTAR KEPUSTAKAAN
A.Syalabi. 2008. Sejarah dan Kebudayaan Islam, Jilid II. Jakarta : Pustaka Al-Husna Baru.
Abd  Al-Hami al-Ibadi 1964,  al-Mujmal  f Tarik al-Andalus Da al-Qalam, Mesir., dalam Aunur Rahim Faqih dan Munthoha, 1998, Pemikiran dan PeradabaIslam, UII Press, Yogyakarta.
Ajid Thohir. 2004. Perkembangan Peradaban di Kawasan Dunia Islam. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.
Armand Abel, 1983, SpanyolPerpecahan dalam Negeri, dalam Gustav E. von
Badri Yatim, 1999, SejaraPeradaban Islam, RajaGrafindo Persadam Jakarta. BertolSpuler, 1960, The Muslim World: A Historical Survey, E.J. Brill, Leiden.
Brackkelman, Carl, 1970, History of Islamic Peoples. Putnames Sona, New York.
Grunebaum [Ed],Islam:          Kesatuan dan  Keragaman, Yayasan Perkhidmatan, Jakarta.
Harun Nasution. 1978. Islam Ditinjaiu dari Berbagai Aspeknya, Jilid I. Universitas Indonesia, Jakarta.
Hitti, Pilip K. 1970History of The Arabs, edisi ke-10. London Macmillan.
Imamuddin, S.M. 1981. Muslim Spain. 711-1492 AD: A Sociological Study. Leiden : E.J. Brill.
Jaih Mubarak. 2004. Sejarah Peradaban Islam. Bandung : Pustaka Bani Quraisy.
MajiFakhri, 1986, SejaraFilsafat Islam, Pustaka Jaya, Jakarta, Philip
Thomas W. Arnold, 1983, Sejarah Dawah Islam, Wijaya, Jakarta.
Yoesoef Sou'yb. 1977Sejarah Daulat Umayyah di Cordo. Jakarta Bulan Bintang.



[1] Abd Al-Hamid al-Ibadi, 1964, al-Mujmal fi Tarikh al-Andalus, Dal al-Qalam, Mesir, hlm.100., dalam Aunur Rahim Faqih dan Munthoha, 1998, Pemikiran dan Peradaban IslamUIPressYogyakarta, hlm. 71.
[2] Jaih Mubarak. 2004. Sejarah Peradaban Islam. Bandung : Pustaka Bani Quraisy. Hal: 70.

[3] ASyalabi, 2008Sejarah dan Kebudayaan IslamJilid 2, CetPertamaPustaka Alhusna, Jakarta, hlm.154.
[4] Ibid. hlm. 158.
[5] Philip K. Hatti, 1970, History of the Arabs, Macmillan Press, London, hlm. 493., dalam Badri Yatim, 1999, hlm. 89.
[6] Cal Brockelmann, 1980, History of the Islamic Peoples, Rotledge & Kegan Paul, London, hlm. 83., dalam Badri Yatim, 1999, hlm. 89.
[7] ASyalabi, 1983, hlm. 161.
[8] Badri Yatim, 1999, hlm. 89.
[9] Carl Brockelman, 1980, hlm.14, dalam Badri Yatim, 1999, hlm. 90.
[10] Harun Nasution, 1985, Islam ditinjau dari berbagai aspeknyaJilid ICetKelima, UIPressJakarta, hlm. 62.
[11] Bertold Spuler, 1960, The Muslim World: A Historical Survey, E.J. Brill, Leiden, hlm. 100., dalam Badri Yatim, 1999, hlm. 91.
[12] Badri Yatim, 1999, hlm. 91.
[13] Thomas WArnold, 1983, Sejarah Dawah Islam, Wijaya, Jakarta, hlm. 118.
[14] Syeh Mahmudunnasir, 1981, Islam Its Concept & History, Kitab Bhavan, New Delhi, hlm. 214., dalam BadrYatim, 1999, hlm. 91.
[15] S.M. Imaduddin, 1981, Muslim Spain: 711-1492 A.D, E.J. Brill, Leiden, hlm. 9., dalam Badri Yatim, 1999, hlm91.
[16] Armand Abel, 1983, Spanyol: Perpecahan dalam Negeri, dalam Gustav E. von Grunebaum [Ed], IslamKesatuan dan Keragaman, Yayasan Perkhidmatan, Jakarta, hlm. 243.
[17] Ibid. hlm. 239.
[18] S.MImaduddin, op.cithlm. 13.
[19] Badri Yatim, 1999, op.cithlm. 92.
[20] ASyalabi, op.cit, hlm. 158.
[21] Thomas WArnold, op.cit, hlm. 125.
[22] Ibid. hlm. 120.
[23] David Wassenstein, 1985, Politics and Society in Islamic Spain: 1002-1086, Prenceton University Press, New Jersey, hlm. 15-16., dalam Badri Yatim, 1999, hlm. 94.
[24] Badri Yatim, 1999, op.cithlm. 94.
[25] Brackkelman, Carl, 1970, History of Islamic Peoples. Putnames Sona, New York. Hal: 223.
[26] Hitti, Pilip K, 1970, History of The Arabs, edisi ke-10, London Macmillan . Hal:508.
[27] Imamuddin, S.M. 1981, Muslim Spain, 711-1492 AD: A Sociological Study, Leiden : E.J. Brill. 1981:63.
[28] Ahmad Syalabi, 1979, Mausuah al-Tarikh al-Islami wa al-Hadharah al-Islamiyah, Jilid 4, Maktabah al-Nahdhah al-Maishriyah, Kairo, hlm. 41-50., dalam Badri Yatim, 1999, hlm. 95.
[29] Sou'yb, Yoesoef, 1977, Sejarah Daulat Umayyah di Cordo Bulan Bintang, Jakarta. Hal: 221.
[30] Jurji Zaidan, [tt], Tarikh al-Tamaddun al-Islami, Juz III, Dar al-Hilal, Kairo, hlm. 200., dalam Badri Yatim, 1999, hlm. 95.
[31] Thomas WArnold, op.cit.hlm. 126.
[32] Bertold Spuler, op.cit.hlm. 106.
[33] Nasution, Harun, 1978, Islam Ditinjaiu dari Berbagai Aspeknya, Jilid I, Universitas Indonesia, Jakarta. Hal: 62.

[34] W. Montgomery Watt, 1990, Kejayaan Islam: Kajian Kritis dari Tokoh Orientalis, Tiawa Wacana, Yogyakarta, hlm. 217-218, dan baca Badri Yatim, 1999, hlm. 96-97.
[35] Bertold Spuler, op.cit.hlm. 108, dan Badri Yatim, 1999, hlm. 98.
[36] Ahmad Syalabi, 1979, Mausuah al-Tarikh al-Islami wa al-Hadharah al-Islamiyah, Jilid 4, Maktabah al-Nahdhah al-Mishiriyah, hlm. 75, dan Baca Badri Yatim, 1999, hlm.99.
[37] Ahamd Syalabi, hlm. 75.
[38] Harun Nasution, 1985, Islam Ditinjau dari Berbagai Aspeknya, UPressJakarta, hlm. 82.
[39] Luthfi Abd al-Badi, 1969, al-Islam fi Isbaniya, Maktabah al-Nahdhah al-Mishriyah, Kairo, hlm. 38., dalam BadrYatim, 1999, hlm. 101.
[40] Majid Fakhri, 1986, Sejarah Filsafat IslamPustaka Jaya, Jakarta, hlm. 357.
[41] Ahmad Syalabi, op.cit.hlm. 86.
[42] Bertold Spuler, op.cit.hlm. 112.
[43] Ahmad Syalabi, op.cit.hlm. 88., dan baca Bardi Yatim, 1999, hlm.103.
[44] Badri Yatim, 1999, op.cit., hlm. 103.
[45] Bertold Spuler, opcit., Hlm. 103
[46] S. MImamuddin, op, Cit.Hlm. 79
[47] BacaBadri Yatim, 1999, hlm.103-105.
[48] Hasan Ibrahim Hasan, Tarikh al-Islam al-Sitasi wa al-Dini wa al-Tsaqafi wa al-Ijtimai, [Kairo: Maktabah al- Nahdhah al-Mishriyah, Tanpa Tahun], hlm 428, dalam Bardi Yatim, 1999, hlm.106.
[49] Majid Fakhri. Op. Cit., hlm 356
[50] Luthfi Abd al-Badi’, op.cit. Hlm10
[51] Armand Abel, op, cit., hlm. 246
[52] Ibid., hlm. 251
[53] Badri Yatim, 1999, hlm. 108.

Tidak ada komentar: