--- SELAMAT DATANG DI WEBSITE LEMBAGA STUDI ISLAM MADANI --- PESANTREN MADANI KOTA CIMAHI --- YAYASAN PENDIDIKAN ISLAM MADANI KOTA CIMAHI JAWA BARAT INDONESIA --- TELP. 085624018800 ATAU 082117533596 ---

Kamis, 20 Oktober 2011

PROFIL MASJID AL-ASY`ARI UNIVERSITAS ISLAM BANDUNG






Sekilas Sejarah Masjid Al-Asy`ari Unisba


Universitas Islam Bandung (Unisba), yang berawal dari Perguruan Islam Tinggi (PIT) berdomisili di Jalan Abdul Muis (sekarang Jalan Pungkur) No. 73 Bandung, memulai menempati kampus di Jalan Tamansari No. 1 Bandung sejak tahun 1972 yang dibangun di atas lahan seluas 10.808 m2 yang disediakan oleh Pemerintah Daerah Kotamadya Bandung.

Pada awal perkembangannya kampus Unisba belum memiliki tempat khusus untuk melaksanakan ibadah shalat berupa masjid, terlebih untuk melaksanakan shalat jum’at. Kegiatan kemesjidan dimulai sekitar awal tahun 1973 dipelopori oleh beberapa orang mahasiswa. Walaupun saat itu belum memiliki gedung masjid, dan adakalanya berpindah-pindah tempat mencari ruangan kosong. Namun demikian kegiatan-kegiatan kemasjidan terus meningkat berikutnya ditingkatkan dengan penyelenggaraan shalat Idul Filtri dan Idul Adha. Juga kegiatan-kegiatan lainnya dalam rangka Peringatan Hari-Hari Besar Islam (PHBI). Kegiatan-kegiatan tersebut merupakan salah satu aktivitas yang dilenggarakan oleh para mahasiswa pada saat itu.

Baru sekitar pertengahan tahun 1976, seorang dermawan dari Surabaya Bapak H. Asy`ari memberikan bantuan guna membangun sebuah masjid di Unisba dengan luas ± 300 m2. Sebagai pengharaan atas jasanya itu, para pendiri Unisba mengabadikan namanya menjadi nama masjid Unisba yaitu Masjid Al-Asy`ari Universitas Islam Bandung. Sejalan dengan pergantian kepemimpinan universitas dan semakin meningkatnya mahasiswa, maka pada akhir tahun 1987 kampus Unisba di Jalan Tamansari No. 1 dilakukan pemugaran secara menyeluruh, termasuk masjid. Saat ini masjid baru berdiri megah menempati lantai II (di atas Aula) yang dapat menampung ± 1500 jama`ah, dengan nama tetap Masjid Al-Asy`ari Universitas Islam Bandung.

Semenjak itu, masjid Al-Asy`ari mulai berkiprah memperkenalkan dirinya keluar kampus melalui berbagai kegiatan. Dengan peningkatan aktivitasnya, masjid ini semakin hari semakin dikenal di kalangan masyarakat luas. Bahkan dikenal juga oleh kalangan masyarakat kampus.


Kelembagaan Masjid Al-Asya`ari Unisba

1.    Tahun 1973-1976 masih berbentuk kegiatan kemasjidan dipelopori oleh para mahasiswa, antara lain Tamrin Hamidi, Susanto Rahman, Aneng Fauziah Rusyad, dan lain-lain.
2.    Tahun 1977-1980 (Tamrin Hamidi, Ketua) dengan nama Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Al-Asy’ari Unisba, berada di bawah koordinasi/binaan Dewan Pembina Masjid (DPM) Unisba
3.    Tahun 1980-1982 (Surapto, BA, Ketua) dengan nama Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Al-Asy’ari Unisba, berada di bawah koordinasi/binaan Dewan Pembina Masjid (DPM) Unisba;
4.    Tahun 1982-1984 (Maman Suherman, Ketua) dengan nama Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Al-Asy’ari Unisba, berada di bawah koordinasi/binaan Dewan Pembina Masjid (DPM) Unisba;
5.    Tahun 1984-1987 (Sanusi Uwes, Ketua) dengan nama Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Al-Asy’ari Unisba, berada di bawah koordinasi/binaan Dewan Pembina Masjid (DPM) Unisba;

Seiring dengan perkembangan zaman dan adanya kebijakan para pimpinan  Unisba (sekitar tahun 1988/1989), tentang peleburan dua lembaga struktural ialah Lembaga Dakwah dan Koordinatorat Mata Kuliah Dasar Umum (MKDU) menjadi satu lembaga yaitu Lembaga Pembinaan Pendidikan Keagamaan dan Ilmu-Ilmu Dasar (LPPKID).

Selanjutnya lembaga ini membawahkan tiga pusat, yaitu Pusat Pendidikan Agama Islam (PPAI); Pusat Pendidikan Ilmu-Ilmu Dasar (PPID); dan Pusat Pembinaan Kegiatan Masjid (PPKM), maka semenjak itulah secara kelembagaan, Masjid Al-Asy`ari berada di bawah koordinasi PPKM dan secara operasional kegiatan-kegiatan dalam upaya pemakmuran masjid dikelola oleh Pelaksana Harian Pusat Pembinaan Kegiatan Masjid (PH PPKM) yang akhirnya pada tahun 1993/1994 s.d. tahun 2008 berubah nama menjadi Pengurus Harian Pusat Pembinaan Kegiatan Masjid dengan singkatan tetap PH PPKM.

Sejak tahun 2008 pengelolaan Masjid Al-Asy’ari berada di bawah pembinaan Pengurus Harian Masjid Al-Asy’ari Universitas Islam Bandung yang didalamnya melibatkan unsur masyarakat (RW) dan orientasi kegiatan dapat melibatkan masjid-masjid di sekitar Tamansari, terutama dalam kegitan Idul Fitri dan Idul Adha dengan susunan kepengurusan:



Periode I (2008-2011) (Pengurus Inti)

Pembina
Ketua
:
Rektor Unisba
Anggota
:
1.    Para Wakil Rektor


2.    Direktur Pascasarjana Unisba


3.    Para Dekan di lingkungan Unisba (selain 3 Dekan Fakultas Dirasah Islamiyah)


4.    Ketua Lembaga (LPPM dan LSI)


5.    Ketua RW XIV Tamansari





Pengurus Harian

Ketua
:
Dr. HM. Wildan Yahya, Drs., M.Pd.
Wk. Ketua I
:
H. Asep Ramdan H., Drs., M.Si.
Wk. Ketua II
:
H. Dedih Surana, Drs., M.Ag.
Sekretaris
:
H. Komarudin Shaleh, Drs., M.Ag. (pada akhir tahun 2009 dilanjutkan oleh Asep Ahmad Siddiq, Drs., M.Si.
Bendahara
:
Nandang HMZ, Drs.







Periode II (2011-2014) (Pengurus Inti) dikukuhkan pada hari selasa, 13 September 2011

Pembina
Ketua
:
Rektor Unisba
Anggota
:
6.    Para Wakil Rektor


7.    Direktur Pascasarjana Unisba


8.    Para Dekan di lingkungan Unisba (selain  Dekan Fakultas Syari’ah & Dakwah)


9.    Ketua Lembaga (LPPM)


10. Ketua RW XIV Tamansari




Pengurus Harian

Ketua
:
Dr. HM. Wildan Yahya, Drs., M.Pd.
Wk. Ketua
:
Dr. H. Tata Fathurrohman, SH., MH.
Sekretaris
:
Asep Ahmad Siddiq, Drs., M.Si.
Wk. Sekretaris
:
Hikmat Taufiq, S.Ag.
Bendahara
:
H. Asep Ramdan H., Drs., M.Si.
Wk. Bendahara

Nandang HMZ, Drs.



Di bawah Pengurus Harian Masjid Al-Asy’ary Unisba dibentuk Takmir Masjid Al-Asy’ari Unisba sebagai pelaksana operasional harian Masjid Al-Asy’ari Unisba dengan susunan pengurus dari kalangan mahasiswa Unisba berbagai fakultas yang ada di Unisba.

Sekarang, Kepengurusan Takmir Masjid Al-Asy’ari Unisba diketuai oleh Khambali.

(SUSUNAN PENGURUS TAKMIR MASJID AL-ASY’ARI UNISBA)
Ketua : Khambali (Tarbiyah)
Sekretaris : Ferdi Januar Adzan (Ekonomi / Akuntansi)
Bendahara : Nadia Luthfia (Syariah / Keuangan Perbankan)

Bidang PSDM (Pengembangan Sumber Daya Manusia)
Ketua : Erna Rahmawati (Psikologi)
Staff : Firmansyah Suhendi (Ekonomi / IE)
Lia Amalia (Dakwah / KPI )
Azmy Imadudin (Psikologi)
Bayu Devenza (Ekonomi / Akuntansi)

Bidang Pelayanan Jama’ah (PEJAM)
Ketua
: Eko Yudi Prasetyo (Ekonomi / Akuntansi)
Staff : Wildan Adha (Syariah / Keuangan Perbankan)
Fazlur Rahman (Syariah / PA)
Edi Rupendi (Mipa / Farmasi)

Bidang Syi’ar Islam (SI)
Ketua
: Rica Anggreini (Mipa / Farmasi)

Divisi Event Organizer (EO)
Ketua
: Insan Kamila (Ilmu Komunikasi)
Staff : Catur Hari Juwanto (Tarbiyah)
Ridwan Hidayatulloh (Piskologi)
Ikhsan Maulana Malik (Ekonomi / IE)
Rio Chandra (Syari’ah / KP)

Divisi Media Al Asy’ari (MEDALI)
Ketua
: Halimatusa’diah (Ilmu Komunikasi)
Staff : Dedi Rahman (Tarbiyah)
Mia Damayanti (Syari’ah / KP)
Silviana Yusnita (Syariah / KP)

Divisi Keputrian
Ketua
: Intan Nur Silvianti (Tarbiyah)
Staff : Shara Dewi Chandra (Syariah/ KP)
Rini Andriani (Syariah / KP)

Assalaamu’alaikum.Wr.Wb

Jama’ah Masjid Al-Asy’ari yang dimuliakan Allah SWT,

Dalam rangka awal tahun kalender akademik Tahun 2011-2012 dan datangnya mahasiswa baru angkatan 2011, maka kami selaku Pengurus Takmir Masjid Al-Asy’ari Unisba memberikan kesempatan kepada Mahasiswa-mahasiswi Baru 2011 dari berbagai Fakultas dan Jurusan, untuk dapat bergabung menjadi Anggota Baru Pengurus Takmir Masjid Al-Asy’ari Unisba. Adapun cara menjadi Anggota Baru Pengurus Takmir Masjid Al-Asy’ari Unisba adalah sebagai berikut:

  1. Mendaftar langsung, dengan datang ke Kantor Masjid Al-Asy’ari Unisba yang berlokasi di samping sebelah kanan/serambi tempat shalat masjid Al-Asy’ari Unisba.

  1. Mendaftar melalui SMS, dengan format SMS: Ketik, - DAFTAR MENJADI ANGGOTA BARU- <SPASI> -NAMA LENGKAP- <SPASI> -FAKULTAS/JURUSAN- 
Ke Nomor HP: 085624018800 / 082117533596 / 082115452600.

  1. Mendaftar melalui Facebook di Grup PHTM AL-ASY’ARI UNISBA atau MASJID AL-ASY’ARI UNISBA. Dengan format: Ketik, - DAFTAR MENJADI ANGGOTA BARU- <SPASI> -NAMA LENGKAP- <SPASI> -FAKULTAS/JURUSAN-.

 Jama’ah Masjid Al-Asy’ari yang dimuliakan Allah SWT,

Demikianlah, kami tunggu kedatangannya untuk bergabung bersama Masjid Al-Asy’ari Unisba. Mudah-mudahan Allah SWT memberikan kita selalu hidayah taufiq dan inayah-Nya kepada kita semua, Amin.

Bandung, 16 September 2011
Ketua Takmir Masjid Al-Asy’ari Unisba

   
     Khambali
       
Rasulullah SAW bersabda: ”Ada tujuh golongan yang akan dinaungi oleh Allah SWT di bawah naungan-Nya, pada hari yang tidak ada naungan kecuali naungan-Nya, diantaranya yaitu pemuda yang hatinya bergantung kepada masjid... (HR. Bukhari).

Tidak ada komentar: